Saat ini ada semakin banyak masyarakat yang gemar memelihara burung, terutama dari kaum pria. Sekarang ini ada berbagai jenis burung yang biasa dijadikan sebagai burung peliharaan, salah satunya adalah cucak hijau. Sesuai dengan namanya, jenis burung yang satu ini memiliki bulu yang didominasi warna hijau yang menjadi ciri khasnya. Burung cucak hijau memiliki habitat di puncak-puncak pepohonan yang tinggi dengan daun yang lebat dan biasanya bisa ditemukan di wilayah hutan yang beriklim tropis.

Perlu Anda ketahui bahwa burung cucak hijau dikenal memiliki suara yang unik dan berbeda dari jenis burung yang lainnya sehingga membuat burung cucak hijau diminati oleh banyak penggemar burung kicau. Tingginya minat para penggemar burung untuk memelihara cucak hijau tentu bisa bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan, bahkan sudah ada beberapa peternak cucak hijau yang sukses dan meraup keuntungan besar. Apabila Anda merasa tertarik, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara beternak burung cucak hijau untuk pemula.

Cara Beternak Burung Cucak Hijau Untuk Pemula

1. Mempersiapkan Kandang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk beternak burung cucak hijau adalah mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Anda bisa membuat kandang burung dari bahan kayu dan bambu dengan ukuran yang cukup besar, selain itu Anda juga tidak boleh lupa untuk memberikan tempat bertengger. Selain itu Anda juga perlu membuat kandang yang disekat untuk perjodohan.

2. Memilih Indukan Cucak Hijau

Hal berikutnya yang juga harus Anda lakukan adalah memilih indukan dari burung cucak hijau, tentu saja Anda harus memilih indukan yang berkualitas agar bisa menghasilkan keturunan yang sehat. Anda harus memilih indukan jantan yang sudah berumur di atas dua tahun dengan postur tubuh yang baik dan gacor, Anda juga harus memilih indukan betina yang berumur di atas satu tahun dengan fisik yang sehat.

3. Menjodohkan Burung Cucak Hijau

Setelah mendapatkan indukan yang berkualitas, Anda bisa memulai proses penjodohan burung cucak hijau. Anda bisa mendekatkan kandang jantan dan betina ataupun menggunakan kandang sekat, burung jantan biasanya akan mengeluarkan siulan untuk merayu burung betina, namun jika burung betina tidak mau dan perlahan menjauh dari burung jantan, maka Anda harus mengganti dengan burung betina lain.

4. Pemberian Pakan

Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam usaha ternak burung cucak hijau, Anda harus memberikan pakan yang seimbang agar burung bisa tumbuh dengan sehat. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh memberikan pakan terlalu banyak karena hal ini akan membuat burung mengalami kegemukan dan tidak produktif, Anda juga bisa memberikan beberapa vitamin yang baik bagi burung.

5. Masa Pengeraman dan Penetasan Anak

Setelah masa perkawinan selesai dan induk betina telah bertelur, maka burung betina akan mengerami telur-telurnya selama kurang lebih 14 hari hingga menetas. Setelah telur menetas semuanya, Anda bisa membiarkan anakan bersama induknya terlebih dahulu karena fisiknya yang masih lemah, Anda baru boleh memisahkan anakan dari induk betinanya setelah berumur 10 hari.
Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan ternak burung cucak hijau, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara yang ada di atas.