Berbicara soal usaha modal kecil, contohnya sangat banyak. Sebut saja salah satu contohnya bisnis ayam petelur dari Arab ini. Bisnis ini memang belum banyak yang tahu karena baru sedikit orang yang mengembangkannya.

Berbeda dengan ayam petelur negeri, ayam petelur Arab ini jauh lebih berkualitas dan bisa dikatakan telur-telur yang dihasilkan oleh ayam petelur Arab ini lebih bagus daripada kualitas telur ayam kampung. Tak heran jika banyak orang yang kini mencarinya. Tentu saja situasi ini menjadi Peluang Bisnis Menjanjikan di Balik “Bisnis Ayam Petelur Arab” kali ini.

Kesempatan emas bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ini. Di prediksikan bisnis ternak ayam petelur Arab ini akan menghasilkan keuntungan yang besar karena potensi pasarnya yang sangat bagus.

Usaha modal kecil ini tetap akan menghasilkan keuntungan bagi Anda meski Anda jalankan dalam skala kecil. Mengapa? Karena harga satu butir telur ayam Arab ini sama mahalnya dengan satu butir ayam kampung. Untuk pemeliharaannya, ayam Arab jauh lebih mudah dipelihara dan lebih produktif dalam menghasilkan telur bila dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Kemudian dilihat dari tampilan telur yang dihasilkan, sekilas telur ayam Arab sangat mirip dengan telur ayam kampung biasa. Keduanya sulit dibedakan sehingga seringnya para pedagang membanderolnya dengan harga yang sama.

Lantas apa saja kelebihan dari telur-telur ayam Arab? Menurut sejumlah penelitian, telur ayam Arab bebas alergi, jadi cocok dikonsumsi oleh mereka yang alergi terhadap kandungan protein tinggi. Padahal kandungan protein pada telur ayam Arab ini lebih tinggi dari kandungan protein ayam kampung biasa. Hanya saja jenis protein pada telur ayam Arab ini lebih ramah untuk tubuh orang yang alergi terhadap protein.

Kelebihan lainnya dari usaha modal kecil ayam Arab ini adalah ayam hasil kawin silang antara ayam Belgia dan ayam kampung Jawa ini senang sekali kawin sehingga peluang untuk menghasilkan telur sangatlah besar. Pemilik usaha ayam Arab perlu memberikan suntikan vitamin guna menjaga vitalitas tubuh dan kualitas telur yang dihasilkan. Agar ayam-ayam Arab tak mudah stress, kandang harus dibuat dengan ukuran yang sangat besar agar ayam bebas berkeliaran di dalam kandang.

Alternatif kandang untuk bisnis ternak ayam ini yaitu kandang susun tingkat dengan ukuran 3 x 3 meter sebagai hunian ayam yang nyaman di sore dan malam hari. Di pagi hari Anda dapat melepas ayam-ayam ini ke kandang pelataran yang jauh lebih luas. Agar bisnis ayam petelur Arab ini membuahkan hasil yang maksimal, perhatikan beberapa hal penting berikut:
  • Pelajari terlebih dahulu teknik budidaya ayam Arab
  • Siapkan modalnya (modal tak harus berupa uang, bisa juga berupa kandang, pakan ayam yang berkualitas, dll)
  • Survei pasar
  • Pemeliharaan yang baik, dan
  • Estimasi hasil
Demikian ulasan singkat mengenai Peluang Bisnis Menjanjikan di Balik “Bisnis Ayam Petelur Arab”yang bisa di sampaikan kali ini. Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Selamat mencoba!